Rabu, 27 Januari 2010

METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI


Masukkan Code ini K1-3YD23E-6
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Suatu metode penyelidikan dalam suatu ilmu adalah suatu keharusan mutlak adanya. Apa lagi kalau ilmu itu telah berdiri sendiri, ini harus ditandai oleh adanya metode-metode tersendiri untuk menyelidiki terhadap suatu obyeknya.
Obyek psikologi adalah penghayatan dan perbuatan manusia, yaitu perbuatan manusia dalam alam yang komplek dan selalu berubah, Jiwa bukanlah sesuatu benda yang mati, tetapi sesuatu yang hidup dinamis; selalu berubah untuk maju menuju kesempurnaannya. Oleh karena itu penggunaan untuk sesuatu metode yang bagaimana baiknya pun pasti tidak dapat menghasilkan kebenaran yang mutlak. Sebab tiap-tiap metode pasti punya kelemahan-kelemahan di samping kebaikan-kebaikannya di samping kebaikan-kebaikannya.
Dengan demikian dalam menyelidiki psikologi, hendaknya juga dipergunakan banyak metode-metode yang mungkin. Ini dimaksud agar kelemahan-kelemahan metode yang satu dapat ditutup oleh kesempurnaan pada metode yang lain.
Sebetulnya setiap manusia dewasa yang normal meskipun belum mempelajari metode-metode psikologi, tetapi karena pengalaman-pengalaman hidupnya, adanya interaksi dengan dunia sekitar, ia dapat pula memahami metode-metode tersebut. Apalagi kalau ia mau mempelajari secara teori, maka akan dapat direnungkan sesuatu metode untuk penyelidikan psikologi. Berdasarkan renungan-renungan dan pengalaman-pengalaman maka akan didapatkan metode-metode sebagai berikut :
a. Metode yang bersifat filosofis
b. Metode yang bersifat empiris

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar